Minggu, 12 April 2020

BAB 7 PKK PENGUJIAN PRODUK


BAB 7
                                                 
        PENGUJIAN PRODUK   
                                                                            
A.      Arti dan Tujuan Pengujian Produk
Pengujian konsep produk merupakan salah satu tahap dalam pengembangan produk baru. Setiap pengujian produk atau konsep produk harus mencakup pertanyaan-pertanyaan berikut:
1)      Apakah konsep produknya / gambaran produknya jelas dan mudah di mengerti?
2)      Apakah manfaat dari produk tersebut bagi anda ?
3)      Apakah anda melihat manfaat khas yang tidak terdapat pada produk lain dari pesaing?
4)      Apakah anda menyukai produk ini di banding dengan produk lain yang sejenis?
5)      Apakah anda bersedia membeli produk?
6)      Perbaikan apakah yang anda usulkan atas produk ini?
7)      Apakah produk ini memenuhi keinginan atau kebutuhan anda?
8)      Perhatikan apakah yang anda usulkan yang anda usulkan atas produk ini ?
Pengujian terhadap konsep adalah upaya untuk memprediksi keberhasilan sebuah ide mengenai produk baru sebelum meluncurkan ke pasar.
B.      Tahapan Pengujian Produk
Tahapan pengujian produk sebelum kita menawarkan di pasaran secara umum, meliputi :
1.       Membuat prototype produk terlebih dahulu
2.       Evaluasi prototype
3.       Memberikan tester kepada pasar
4.       Evaluasi tester dan pasar
5.       Membuat rencana lanjutan setelah evaluasi
6.       Produksi massal
7.       Evaluasi produksi massal
Ada 3 langkah yang perlu di lakukan, diantaranya :
1.    Pembuatan model dengan 3 persyaratan : harus di pandang oleh konsumen sebagai suatu perwujudan atribut – atribut pokok, seperti produk sebelumnya.
2.   Pengujian fungsional  : pengujian untuk mengetahui apakah produk tersebut benar-benar berfungsi dengan baik dan aman bagi konsumen.
3.  Pengujian konsumen : mencoba konsumen untuk menilai, bagaimana tanggapan konsumen.
Tujuan dasar dari pengujian pasar adalah menguji produk itu sendiri, di dalam situasi yang sebenarnya.
·         Manfaat Pengujian Pasar
a.       Untuk membuat peramalan penjualan masa mendatang yang lebih percaya
b.       Pengujian awal terhadap berbagai alternatif rencana pemasaran
c.       Perusahaan akan menentukan sumber kegagalan produk yang luput dari perhatian pada tahap pembuatan produk
·         Tahapan Proses Pengujian Produk baru
a.       Technical Testing (Pengujian Teknis)
Yaitu dengan cara membuat prototype yang merupakan approximation produk akhir.
Pengujian atas kinerja produk prototype dapat mengahsilkan sejumlah informasi penting tentang produk shelf life (usia pajang produk), tingkat keusangan produk, masalah yang timbul dari pemakaian atau konsumsi yang tidak seharusnya, potensi kerusakan yang memerlukan penggantian dan jadwal pemeliharaan yang tepat.
b.       Pengujian Preference and Satisfaction Testing (Preferensi dan Kepuasan)
Dipakai untuk menetapkan elemen-elemen yang akan di rancang dalam rencana pemasaran serta membuat tafsiran penjualan awal produk baru.
Ada dua cara utama yang dibutuhkan dalam tipe pengujian ini :
1)    Meminta konsumen manggunakan sebuah produk selama jangka waktu tertentu
2)  Meminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan preferensi serta kepuasan.
Pengujian preferensi dan kepuasan akan memberikan sejumlah manfaat pokok, yaitu :
1)     Uji preferensi aktual dan uji teknis bisa memberikan dasar klaim yang obyektif untuk kperluan promosi
2)      Estimasi tingkat pembelian ulang sangat penting untuk memperkirakan pangsa pasar jangka penjang
3)      Meskipun penerimaan pasar atas produk baru di tentukan oleh semua elemen program pemasaran
4)      Uji preferensi pada umumnya dapat memberikan signal awal terbaik terhadap kemungkinan terjadinya kanibalisasi produk
c.       Simulated Test Markets (Pengujian Pasar Simulasi)
Yaitu prosedur riset pemasaran dibuat untuk memberikan gambaran yang murah dan cepat tentang pangsa pasar yang bisa di harapkan dari produk baru.
d.       Test Markets ( Pengujian Pasar )
Yaitu perusahaan akan menawarkan sebuah produk untuk dijual di wilayah pasar terbatas yang sebisa mungkin dapat mewakili keseluruhan pasar di mana produk itu nantinya akan dijual.
Didalam pengujian produk konsumen perusahaan berusaha mengestimasi empat variabel, yaitu :
1)      Produk trial (percobaan produk)
2)      First Repeat (pengulangan pembelian pertama)
3)      Adopsi produksi
4)      Frekuensi pembelian
Metode pokok untuk menguji pasar produk konsumen, adalah sebagai berikut :
1)      Sales Wave Research
Konsumen yang pada awalnya mencoba sebuah produk secara gratis ditawarkan lagi produk tersebut atau produk pesaingdengan  harga lebih murah.
2)      Simulated Test Marketing
Metode ini memerlukan 30 sampai 40  pembeli yang qualified di pusat pertokoan ataupun tempat- tempat lainnya. 
3)      Test Markets
Uji pasar adalah cara utama dalam menguji sebuah produk baru dalam situasi sama yang nantinya akan di hadapai dalam peluncuran produk yang bersangkutan.
4)      Controlled Test Marketing
Metodo ini memungkinkan perusahaan menguji pengaruh faktor dalam toko dan iklim terbatas pada perilaku pembelian konsumen tanpa harus melibatkan konsumen itu sendiri secara langsung.

C.      Metode Pengujian Produk
Secara umum terdapat 2 metode dalam melakukan pengujian sebuah produk , yaitu:
1.       Meminta konsumen menggunakan sebuah produk selama jangka waktu tertentu
2.       Melaksanakan Blind test, yaitu dengan cara konsumen membandingkan sedemikian rupa berbagai macam merek produk dan alternatifmya tanpa mengetahui merek atau produsennya.
Berdasarkan kajian terhadap produk sukses di tentukan 15 kunci kesuksessan pengembangan produk baru, yaitu :
a.       Produk yang unggul dan unik
b.       Produk yang berorientasi pasar
c.       Produk berorientasi internasional
d.       Melaksanakan tahap pra pengembangan
e.       Memiliki konsep produk yang jelas, tajam dan mendahului pesaing
f.        Peluncuran produk yang terencana dan terlaksana dengan baik
g.       Struktur organisasi proyek pengembangan produk baru yang tepat
h.       Dukungan oleh para pemimpin puncak
i.         Mendayagunakan kompetensi inti dan kapabilitas perusahaan
j.         Memilih pasar yang menarik
k.       Fokus pada proyek yang unggul
l.         Pelaksanaan proyek di kendalikan dengan baik
m.     Kecukupan sumber daya
n.       Kecepatan pengembangan produk baru
o.       Menggunakan sistem pengembangan proyek baru dengan disiplin
Risiko-risiko yang terdapat dalam sebuah pengembangan dan pengujian produk baru :
a.       Risiko R & D
Risiko R & D yaitu risiko dimana produk yang sudah di kembangkan ditolak atau tidak disetujui oleh pihak yang berwenang
b.       Risiko Pemasaran
Risiko pemasaran yaitu risiko bahwa produk tersebut gagal di pasaran.
                Langkah-langkah dalam meminimalisasi risiko kegagalan produk adalah sebagai berikut :
1)  Market understanding (pemahaman pasar), misalnya dengan riset kualitatif, pengkategorian dan segmentasi untuk mengetahui peta persaingan dalam industri tersebut, alasan mengapa konsumen membeli produk tertentu, bagaimana mereka menggnakan suatu produk dan kebutuhan mana yang belum terpenuhi.
Metode riset yang dilakukan, antara lain : focus group discussion, in dept interview dan kunjungan langsungan yang dapat membatu anda untuk memperoleh informasi ini.
Riset kualitatif akan membantu anda dalam :
-         Mengetahui pendapat atau perasaan konsumen mengenaui suatu produk pekerjaan dan gaya hidup
-          Memperoleh insight mengenai konsumen yang tidak didapatkan sebelumnya
-          Memperoleh manfaat dari kreativitas konsumen
2)      Ketika melakukan pendekatan category assessment research, meneliti perilaku konsumen terhadap produk dan penggunaan produk dalam suatu kategori, bagaimana konsumen mengevaluasi merek berdasarkan atribut produk, apa yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian serta mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan pemenuhuan kebutuhan mereka.
3)      Kemudian segmentasi akan membantu dalam mengidentifikasikan terget pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ELEMEN 4 NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA UNIT 1

 Unit 1 Paham Kebangsaan, Nasionalisme dan Menjaga NKRI  Dalam mendalami materi ini silahkan simak Video di bawah ini Pertemuan 1           ...